fbpx

Cara Melakukan Transfer Domain – Agar transfer domain dari layanan A ke layanan B berhasil, maka harus memenuhi persyaratan dan melakukan hal berikut:

Melakukan UNLOCK pada domain Anda
Mentransfer domain yang telah berumur minimal 60 hari
Mentransfer domain dengan sisa masa aktif minimal 30 hari
Memasukkan kode EPP / transfer secret yang benar
Menggunakan nama, nama perusahaan, dan alamat email yang sama dengan ketika mendaftar domain
Menonaktifkan whois privacy protection
Mengklik link otorisasi transfer domain yang dikirimkan ke email akun terdaftar pada layanan sebelumnya.
Melengkapi persyaratan dokumen (khusus untuk transfer nama domain Indonesia)
Persyaratan tersebut dapat dipelajari dibawah ini:

Transfer Domain Dalam 4 Langkah Mudah

  1. Unlock domain dan non-aktifkan proteksi whois di tempat Anda membeli domain sebelumnya
  2. Masukkan nama domain yang ingin Anda transfer. Anda akan diminta memasukkan kode EPP. Kode EPP dapat ditemukan di tempat Anda membeli domain sebelumnya
  3. Setelah tagihan dibayar, silahkan cek email Anda dan klik link pada email otorisasi transfer domain Anda
  4. Tunggu email konfirmasi transfer telah berhasil (proses transfer domain membutuhkan waktu hingga maksimal 5 hari)

Setelah persyaratan tersebut telah lengkap dan proses transfer dimulai, maka Anda akan mendapatkan link khusus untuk otorisasi transfer yang dikirimkan ke email yang digunakan untuk mendaftarkan domain Anda tersebut.

Baca juga: Cara Upload Website Dari Localhost ke CPanel

Pastikan Anda mengklik link tersebut dan jika Anda tidak mengkliknya, maka proses transfer domain Anda akan gagal.

Berikut tahapan proses transfer setelah persyaratan di atas terpenuhi: 

Lakukan order transfer pada layanan yang dituju dan lakukan pembayaran tagihan transfer domain Anda tersebut. Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada skenario berikut:

Skenario Transfer Domain.

Skenario 1

Jika transfer domain dilakukan tanpa ada perubahan data whois atau kontak (nama, perusahaan, alamat, email dan lain-lain) antara layanan lama dengan data di layanan baru, maka prosesnya sebagai berikut:

1. Setelah melakukan order transfer domain dan transfer domain telah diproses, maka Anda akan mendapatkan transfer Form of Authorization (FOA) yang akan dikirimkan sesuai dengan email Anda sesuai dengan informasi pada WHOIS.

2. Form of Authorization (FOA) akan valid hingga 60 hari. Jika selama masa tersebut Anda tidak melakukan klik pada link approval otorisasi transfer yang kirimkan pada Form of Authorization (FOA) maka proses transfer domain akan gagal atau dibatalkan.

Skenario 2 (Yang paling sering terjadi)

Jika transfer domain dilakukan dengan ada perubahan data pada kontak atau WHOIS (nama, perusahaan, alamat, email dan lain-lain) maka prosesnya akan sebagai berikut:

1. Setelah order transfer domain dilakukan dan transfer domain diproses maka Anda akan mendapatkan email Form of Authorization (FOA) untuk memverifikasi perubahan data WHOIS atau kontak. Email akan dikirimkan ke alamat email sesuai dengan informasi pada WHOIS.

2. Form of Authorization akan valid hingga 60 hari. Hanya jika form FOA yang dikirimkan via email di approve atau disetujui dan selesai, maka sistem akan mengirimkan email Otorirasi Transfer. Pastikan Anda untuk mengklik dan meng-approvenya untuk melanjutkan proses transfer.

Jika kedua email tersebut tidak di approve, maka proses transfer akan gagal. Untuk itu, kami menyarankan agar Anda menggunakan data WHOIS yang sama persis dengan data domain sebelumnya untuk mencegah email FOA untuk verifikasi perubahan data kontak atau WHOIS Anda.

Jika semuanya telah di approve dan berhasil, maka domain anda akan secara otomatis ter-transfer ke layanan baru setelah maksimal 5 hari kerja.

Anda dapat mengecek status domain melalui member area setiap penyedia layanan. Pastikan domain anda sudah dilakukan dengan benar.

Baca juga: Pengertian dan Hubungan Domain, Hosting dan Website